"Belanja Cepat Cara Tepat" Jakarta, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang diwakili oleh Kepala LKPP Agus Rahardjo melakukan kerjasama dalam bentuk kontrak payung dengan Direktur Utama PT Bhinneka MentariDimensi Hendrik Tio, pada Jumat (27/03) di Kantor LKPP, lantai 9 Gedung SME Tower, Jakarta Selatan.

Hal ini dilakukan Dalam rangka mendukung Peningkatan Jenis, Jumlah, dan Kualitas Barang/Jasa yang ditampilkan dalam Katalog elektronik Pemerintah. Salah satu yang dilakukakn LKPP selaku Fasilitator pengadaan Pemerintah salah satunya dengan menginisiasi sistem baru melalui agregasi data produk toko online dalam katalog elektronik. Oleh karena itu LKPP mengandeng Toko Online Bhinneka.com untuk menjadi salah satu agregator dalam katalog elektronik.

Melalui kerjasama tersebut, LKPP berhasil menambah ribuan produk dari toko online Bhinneka.com ke dalam sistem katalog dalam waktu yang relatif singkat. Kepala LKPP mengatakan dengan masuknya 8.663 produk Bhineka kedalam e-catalog, secara total LKPP sudah melampaui target renstra tahun 2014 yaitu sebanyak 25.000 produk dalam e-catalog LKPP. Dengan agregasi bhinneka.com, sekarang sudah ada 30 ribu lebih produk yang tayang di katalog LKPP, tambahnya. Proses agregasi data dari Bhinneka.com ke dalam e-katalog LKPP tidak dilakukan secara manual tapi di-generate melalui agregator, jadi produk yang telah teragregasi dalam e-katalog dapat diperbaharui secara berkala.

Adapun produk yang disediakan bhinneka.com ke dalam sistem e-katalog LKPP diantaranya adalah kebutuhan kantor seperti Komputer Personal, Laptop, Printer, Kertas, dan peralatan kantor lainnya. Diharapkan barang yang dijual akan semakin bertambah nantinya. Agus mengatakan, LKPP telah membuka kesempatan kepada e-commerce di Indonesia untuk menjadi agregator e-katalog LKPP.