Rabu 17 Juni 2015, perangkat desa se-Kecamatan Cisaga melaksanakan pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) di ruang pelatihan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ciamis.

Sekertaris Camat Cisaga, Sujono, S.Sn. menuturkan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para perangkat desa se-Kecamatan Cisaga dalam tata cara input Rencana Umum Pengadaan melalui aplikasi SIRUP.

Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika Dishubkominfo Kabupaten Ciamis Asep Sriyosep Musliawan, SE, MM. dan Kepala UPTD LPSE Deni Elisah menyambut baik inisiatif Kecamatan Cisaga untuk melaksanakan pelatihan SIRUP ini. Para peserta mendapatkan pelatihan dari Kasubag TU UPTD LPSE Gema Mahardhika, ST.

Diharapkan setelah dilaksanakannya pelatihan ini, para peserta dapat memahami tata cara input Rencana Umum Pengadaan sehingga memperlancar kegiatan pengadaan di tiap desa di Kecamatan Cisaga.

Selain itu Agus juga membahas mengenai e-purchasing dan e-katalog belanja pemerintah yang dikembangkan oleh LKPP. Beliau menjelaskan bahwa saat ini produk dalam e-katalog sudah mencapai sekitar tiga puluh sembilan ribu produk. E-katalog ini nantinya akan mengakomodir semua kebutuhan belanja pemerintah. Beliau Juga mengajak para pengusaha Lokal untuk turut serta memasukan produk lokal dalam katalog LKPP.

Kita mendorong pengusaha daerah untuk mengisi katalog belanja ini, kami akan membimbing bapak/ibu untuk memasukann produk-produk daerah dalam katalog, dan mudah-mudahan produk lokal akan banyak dalam e-katalog, Jelasnya.